112 Aksi Tani

KALIBAGOR – Jika di Jakarta ada heboh aksi 212, Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas punya kehebohan lain. Gapoktan Eka Karya Mandiri Wlahar Wetan didukung beberapa pihak akan melakukan Aksi Tani 112. Disebut demikian, karena kegiatan mereka tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2016.

“Aksi Tani 112 ini akan diikuti petani, warga, perangkat desa, pemuda hingga TNI” ujar Dodiet Prasetyo, Kepala Desa Wlahar Wetan yang juga koordinator aksi ini.

Tentu saja bukan demonstrasi atau ibadah di jalan raya, Aksi Tani 112 ini adalah kegiatan tanam padi bersama. Tanam padi bersama kali ini istimewa, karena petani Wlahar Wetan akan mengimplementasikan sistem bertani SRI, sabar, ridho, ikhlas.

“Dengan konsep SRI, kita ajak para petani bercocok tanam padi dengan memperhatikan setiap detail prosesnya, mulai dari pengolahan tanah, penanaman satu titik satu benih padi, kemudian pemupukan tanpa bahan kimia sama sekali, sehingga nanti diharapkan kesuburan tanah akan kembali terjaga tidak seperti sekarang yang rusak karena bahan kimiawi” tambah Dodiet.

Lebih lanjut, Aksi Tani 112 ini kabarnya akan berlanjut dengan Aksi Tani jilid 2 dan 3, yakni kegiatan mememelihara dan memanen sawah pada beberapa waktu yang akan datang. Kita tunggu saja.

Tinggalkan Balasan