RTIK
soep desain logo carrygun banyumas

Kerigan

..adalah kegiatan kerja baktimembersihkan lingkungan tempat tinggal yang biasa dilakukan secara gotong royong oleh warga, pada lingkungan Rukun Tetangga, Rukun Warga, Dusun/Kampung hingga sebuah Desa.

Pelaksanaan kerigan biasanya disesuaikan kesepakatan musyawarah, atau dijadwalkan rutin, setiap pekan atau hari tertentu. Bisa beberapa kali dalam satu bulan, bahkan jika Ramadhan, bisa ditambah “kerigan” sampai ke pemakaman.

Kok Keminggris?

Keprihatinan kami muncul ketika ada sebuah gerakan sosial masyarakat dunia yang mengkampanyekan satu hari untuk melakukan “kerigan” massal seluruh dunia, bertajuk “World Cleanup Day” alias WCD. Berbagai negera turut serta. Tidak ada yang istimewa sebenarnya.

Tapi bagi pemerintah di beberapa daerah di Indonesia, momentum WCD seolah-olah lebih membanggakan, ketika turut berpartisipasi, sementara budaya “kerigan” yang tidak satu tahun satu kali seolah terabaikan, dicukein, ga pernah tersentuk publikasi, apalagi “branding” kegiatan hingga viral di lini masa berbagai media sosial warga.

Karena itu, pada akhir 2019, gerakan #CarryGun – banyumas gawa gaman (sapu, cikrak dll.) dimulai untuk kampanye membanggakan #kerigan sebagai budaya warga desa, di Banyumas khususnya. Karena “kerigan” ora mung setahun sepisan!

banyumas carry gun kaos inyong

kaos!

Kadung keminggris, tapi juga pengen tetep bangga karo basa Banyumasan, budayane dhewek.

Kami mulai menginisiasi kaos Inyong #CarryGun, sebagai media kampanye gagasan “branding” kerigan sebagai aktivitas keren yang menyenangkan dan ga kalah “modis” dari gerakan-gerakan sosial khas milenial dan gen-Z zaman sekarang.

Bagi yang berminat, silakan isi formulir di https://s.id/kaoskerigan

Tersedia kaos lengan pendek, warna hitam, ukuran M, L, XL, XXL. Harganya Rp 75.000 (pre-order) bayarnya via Gopay/Ovo ke nomor : 085 220 220 633

Open chat