Hati-hati Penipuan Melalui Email Atas Nama BCA

Untuk para nasabah BCA, terutama yang mendaftarkan email-nya sebagai media komunikasi dalam akun klikBCA, diharap berhati-hati dengan bayaknya modus penipuan yang mengatasnamakan BCA. Hari ini, BCA mengirimkan peringatan tersebut kepada seluruh email pengguna klikBCA.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan modus penipuan via email ini adalah :

(1) Perhatikan email @Siapa?

Isi email akan sangat menarik. Biasanya memberitahukan bahwa Anda mendapatkan sejumlah uang atau telah ditransfer melalui BCA. Tapi coba perhatikan lebih seksama pada bagian pengirim email. Jika pengirim email bukan dari @bca.co.id atau @klikbca.com maka itu bisa dipastikan penipuan.

Email yang digunakan oleh para penipu biasanya panjang, seolah-olah terlihat profesional. Seperti contoh berikut ini : support@email.estatementserviceklikbca.ladesk.com

Nah, acara membacanya adalah lihat domain dari belakang = “.com”, kemudian nama domain setelah itu “ladesk”. Jadi pengirim email ini bukan dari BCA.CO.ID atau pun KLIKBCA.COM, meski pun di bagian depannya ada kata-kata “klikbca”.

(2) Jangan Unduh / Buka Lampiran

Email penipuan juga terlihat meyakinkan dengan dokumen yang dilampirkan. Biasanya dibuat mirip seperti bukti transaksi atau surat resmi yang dikeluarkan BCA. Format file yang digunakan biasanya .PDF, .DOC atau bahkan .EXE.

Nah, perlu Anda tahu, bahwa pengirim email dapat menyisipkan virus atau malware kedalam file lampiran email, sehingga jika diunduh bahkan dibuka (biasanya di-double click) maka virus atau malware itu akan bekerja menjangkiti komputer / laptop kita. Ini yang berbahaya.

Karena itu, perhatikan baik-baik siapa pengirim emailnya dan jangan mudah terpancing untuk mengunduh atau membuka lampiran email.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan