#JuguranDesa 1812 Persiapkan #5thGDM

KALIBAGOR – Sejumlah pegiat Gerakan Desa Membangun (GDM) Banyumas kembali berkumpul dalam acara  bertajuk #JuguranDesa di kediaman Sumanto, Perangkat Desa Kalibagor hari Minggu (18/12).

Tampak hadir perangkat desa dari Kaliori (Kalibagor) Beji (Kedungbanteng), Datar (Sumbang), Kejawar (Banyumas), serta Kepala Desa Wlahar Wetan (Kalibagor) dan Kepala Desa Gebangsari (Tambak). Selain itu pendukung GDM dari Purbalingga, perwakilan Gedhe Foundation serta Blogger Banyumas juga tampak. Tak ketinggalan, Ketua dan Sekretaris Relawan TIK Banyumas juga hadir.

Dalam acara santai tersebut dibahas tentang beberapa hal terkait rencana acara peringatan #5thGDM di Desa Gebangsari, Tambak.

“Seperti yang disepakati sebelumnya, acara 5thGDM direncanakan di Gebangsari. Namun hingga hari ini belum ada kesepakatan mengenai rincian agenda kegiatan hingga teknis pelaksanaan. Kabarnya akan ada pameran produk desa se kecamatan Tambak juga, jika betul maka kita akan menyesuaikan acara tersebut, sementara itu kita tunggu konfirmasi dari Kades Gebangsari” kata Sukarni, staf Gedhe Foundation yang juga pegiat GDM, membuka obrolan.

#JuguranDesa ini dimulai sekitar pukul 12.30 setelah secara berangsur para pegiat GDM hadir. Sekitar pukul 13.30, Kades Gebangsari, calon tuan rumah acara #5thGDM pun tiba dan langsung membahas persiapan kegiatan.

“Secara prinsip, kami siap menjadi tuan rumah acara #5thGDM tahun ini. Selain acara di Aula desa, kami juga berkoordinasi dengan BKAD Kec Tambak untuk mengadakan pameran produk desa di lapangan desa Gebangsari, akan dimeriahkan juga dengan kesenian rakyat, Ebeg” ujar Rokhmat, Kepala Desa Gebangsari.

Menyambut kesiapan tuan rumah, para pegiat GDM bersepakat untuk menyiapkan hal-hal non teknis seperti ToR, undangan serta rancangan acara. Sementara tuan rumah, fokus pada fasilitas lokasi, tata suara dan konsumsi.

“Untuk pembiayaan, para pegiat GDM juga bersepakat iuran Rp 150.000,- dengan bonus t-shirt 5thGDM yang khusus dibuat untuk acara tersebut” kata Sri Hartuti, koordinator fund rising #5thGDM.

“Terimakasih atas inisiatif Gebangsari selaku tuan rumah dan kerjasama dengan BKAD Tambak dalam memeriahkan acara #5thGDM tahun ini. Karena GDM bukan organisasi yang memiliki finansial cukup, kita ngandelin iuran, kalau masih kurang, tuan rumah siap-siap tombok nggih” ujar Supriyanto, RTIK Banyumas yang menjadi salah satu tim inisiator #5thGDM – yang kemudian disambut gelak tawa para peserta #juguran.

Selain membahas persiapan #5thGDM, juguran kali ini juga diselingi beberapa obrolan ringan seputar isu-isu yang berkembang, termasuk soal perkembangan domain desa.id, dibandingkan dengan domain gTLD’s seperti .com dan .net atau .online.

Tak lupa, hidangan berupa nasi pecel dan es cau yang disediakan keluarga Sumanto selaku tuan rumah, juga menambah suasana akrab dan penuh kekeluargaan dalam #jugurandesa kali ini.

4 Comments Add yours

  1. cici berkata:

    Semoga acaranya lancar dan sukses

    1. soep berkata:

      aamiinn.. semoga sing urunan akeh ya mba.. dhadi ora tombok ^_^

  2. Diani Suryani berkata:

    Terima kasih….tetep dalam kebersamaan

Tinggalkan Balasan