Siap Pakai : Server Lokal Melung, Pakai Owncloud

KEDUNGBANTENG – Relawan TIK Banyumas kembali membantu menerapkan teknologi tepat guna untuk desa. Kali ini, desa Melung yang sejak lama berkeinginan memiliki sebuah server lokal sendiri untuk dijadikan pusat data dan fasilitas back up data agar lebih mudah ditemu-kembali.

“Setelah beberapa tahun terakhir ini, data dan dokumen di masing-masing komputer perangkat desa Melung tampaknya sudah perlu disinkronisasi dan di-backup sehingga mudah ketika ingin mencari data bahkan beberapa tahun yang lalu” ujar Timbul Yulianto, Sekretaris Desa Melung.

Aplikasi owncloud telah terpasang di server lokal Melung

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Pemerintah Desa Melung menganggarkan dana khusus untuk pengadaan komputer dengan kapasitas cukup lega, 2 TB. Komputer tersebut ditempatkan di sudut kantor desa.

“Kita install OS-nya linux, localhost dan aplikasi penyimpanan berbasis web, owncloud. Sehingga semua perangkat desa dapat mengaksesnya dari komputer atau laptop masing-masing yang terhubung ke wifi lokal dengan memasukkan alamat IP lokal server dan memasukkan username dan password masing-masing” jelas Pradna Paramita, Relawan TIK Banyumas yang membantu pemasangan aplikasi owncloud di Melung.

Pradna paramita, RTIK Banyumas yang membantu memasang owncloud

Sebelumnya, para perangkat desa Melung juga sudah mengikuti pelatihan manajemen data dan arsip digital dengan mengoptimalkan fungsi jaringan lokal antar komputer dan laptop. Dengan pelatihan dan dukungan server lokal ini diharapkan data dan dokumen di Kantor Desa Melung akan lebih rapi terjaga, mudah ditemukembali dan digunakan sesuai kebutuhan.

One Comment Add yours

  1. soep berkata:

    Wah keren..

Tinggalkan Balasan