SiVION : RTIK Banyumas Dukung Sosialisasi Tanda Tangan Digital

PURWOKERTO – Sejak awal November hingga pertengahan Desember 2016, Kementerian Kominfo RI melakukan sosialisasi dan publikasi Sistem Verifikasi Identitas Online Nasional (SiVION) dengan tema “tanda tangan digital” untuk personal. Sosialisasi¬†sekaligus workshop penggunaan tanda tangan digital personal dilakukan di 11 tempat berbeda, di seluruh Indonesia secara bergiliran. Untuk publikasi, Kominfo menggunakan media online, media elektronik hingga pemasangan poster di beberapa kendaraan umum di Jakarta.

Kabupaten Banyumas sendiri belum sempat disambangi oleh tim sosialisasi dan workshop SiVION Kemkominfo RI, sehingga wajar apabila sebagian besar warga Banyumas belum tahu sama sekali tentang apa dan bagaimana tanda tangan digital itu. Kabar baiknya, salah satu RTIK Banyumas, menjadi tim verifikasi dalam rangkaian sosialisasi SiVION di beberapa kota di Indonesia itu.

rtik-banyumas-jateng-soep-verifikasi-tanda-tangan-digital-sivion-medan

“Meskipun demikian, melalui beberapa grup WhatsApp dan media sosial, kami mencoba mengenalkan apa itu SiVION, tanda tangan digital dan cara pendaftarannya” ujar Supriyanto, Relawan TIK Banyumas yang menjadi anggota tim verifikasi SiVION.

Tanda tangan digital personal sendiri merupakan cara penandatanganan dokumen digital menggunakan sertifikat digital personal yang pendaftarannya melalui Registration Authority (RA) dan penerbitan sertifikatnya dilakukan oleh Certificate Authority (CA). Dalam program SiVION, Kemkominfo RI bertindak sebagai CA sekaligus RA.

“Warga Negara Indonesia dapat mendaftarkan sertifikat digital personalnya dengan cara mengisi formulir online di http://pendaftaran.sivion.id/register dengan memasukkan NIK, Nama Lengkap dan E-mail” tambah Supriyanto menjelaskan.

Secara singkat, berikut adalah proses pendaftaran, verifikasi dan penerbitan sertifikat digital personal :

rtik-banyumas-jateng-sivion-sertifikat-digital-personal

Semua WNI bisa mendaftarkan sertifikat digital personal secara online dari mana saja, tetapi masalahnya hingga saat ini verifikasi harus dilakukan tatap muka di loket RA. Loket RA Kominfo, beralamat di Jl Medan Merdeka Barat No 9 Jakarta, sehingga warga daerah yang jauh dari Jakarta dan tidak dikunjungi tim sosialisasi SiVION kemungkinan akan kesulitan memverifikasi dirinya.

Tinggalkan Balasan